Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sewa Bus Pariwisata Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Tips Sewa Bus Pariwisata

Hingga tulisan ini dimuat, saya sudah sangat sering mendengar kecelakaan yang dialami oleh bus pariwisata. Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari rem blong, kesalahan teknis, supir mengantuk, supir tidak menguasai medan jalan dan lain sebagainya. Sangat miris. Dari yang awalnya ingin bersenang-senang, malah harus berakhir dengan kesedihan.

Belum lama ini, kecelakaan bus pariwisata kembali terjadi, yakni bus Trans Putra Fajar (AD 7524 OG) yang membawa puluhan pelajar SMK Lingga Kencana, Depok, Jawa Barat tergelincir ketika melewati Jalan Raya Desa Palasari, Subang, pada Sabtu (11/05/2024) sore. Akibatnya sebanyak 11 orang dinyatakan meninggal di lokasi kejadian. (news.detik.com)

Memang sih yang namanya musibah tidak ada yang tahu, karena bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Kita semua juga tidak mau terkena musibah bukan? Namun, tidak ada salahnya jika kita berikhtiar untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Seperti dilansir dari Tirto, Senin (13/05/2024), menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugianto mengatakan, masyarakat perlu mewaspadai bus dengan kondisi serupa.

"Masyarakat harus tetap menolak, misalnya saya enggak bisa pakai bus ini, karena bus ini tidak ada uji KIR-nya gitu, ya tolak aja, minta ganti yang baru," ujar Hendro.

Uji KIR adalah proses yang dilakukan untuk menguji kelayakan dari kendaraan secara teknis. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan masih berfungsi dengan baik dan layak digunakan di jalan raya. 

FYI, setiap bus pariwisata maupun bus umum wajib memiliki status layak jalan untuk tetap bisa beroperasi. Calon penumpang bisa cek kondisi bus layak jalan atau tidak secara online melalui aplikasi Mitra Darat. Belum lama ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk lebih aktif memeriksa status KIR bus pariwisata dari Perusahaan Otobus (PO).

Tips Sewa Bus Pariwisata Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Well, terlepas dari itu semua, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah menggunakan bus, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal sebelum menyewa bus pariwisata. Tujuannya agar perjalanan jadi lebih nyaman, aman dan selamat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun. 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, berikut adalah beberapa tips sewa bus pariwisata yang perlu Anda ketahui :

1. Pertimbangkan kapasitas jumlah peserta

Tips pertama adalah menghitung berapa banyak jumlah peserta dan barang-barang yang akan dibawa dalam melakukan perjalanan. Jika rombongannya banyak dan barang-barang bawaan juga banyak, sebaiknya memilih bus besar saja, karena akan membuat perjalanan jadi lebih nyaman.

Jangan sampai rombongan berdesakan di dalam bus, karena salah perhitungan dalam memilih kapasitas bus. Hal ini selain akan membuat perjalanan tidak nyaman, juga akan membahayakan perjalanan, karena beban bus jadi lebih berat dan sangat tidak layak jalan.

Setiap bus memiliki jumlah seat atau kursi yang berbeda. Agar lebih nyaman, memilih bus dengan kapasitas seat 2-2 merupakan opsi yang cukup baik, karena posisi duduk penumpang terasa lebih nyaman dan cukup lega. Apalagi jika jarak perjalanan cukup jauh.

2. Pilih perusahaan bus yang kredibel

Saat ini perusahaan bus pariwisata memang semakin banyak. Hal ini menandakan bahwa minat masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata semakin tinggi. Apalagi di Indonesia ini memang terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dijangkau dengan transportasi darat, salah satunya dengan bus. 

Namun Anda tidak perlu bingung lagi, piilihlah perusahaan rental bus yang kredibel, terpercaya dan profesional, karena biasanya mereka menawarkan pelayanan yang baik dan berkualitas. Selain itu juga memiliki armada yang layak jalan dan driver yang berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi.

Anda bisa melakukan survei terlebih dulu sebelum memutuskan menyewa bus pariwisata. Caranya bisa melalui internet atau situs web perusahaan bus, atau bisa juga bertanya langsung ke orang-orang yang telah menggunakan jasa bus. Biasanya pengalaman dari pengguna langsung lebih bisa dipercaya.

3. Pertimbangkan biaya sewa bus

Setelah Anda mendapatkan perusahaan rental bus, tips sewa bus selanjutnya adalah mempertimbangkan berapa biaya sewa bus parisiwata. Untuk tarifnya tentu saja berbeda-beda. Semakin besar bus dan lengkap fasilitasnya, maka tarifnya akan semakin mahal. Pertimbangkan juga lokasi tujuan, semakin jauh jaraknya, biaya sewanya juga semakin mahal.

Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jangan langsung tergiur dengan harga sewa bus yang murah, tanpa mempertimbangkan fasilitas dan kondisi bus, yang malah akan mengorbankan kenyamanan dan keselamatan penumpang nantinya.

Perhatikan juga biaya yang dibayarkan sudah termasuk fasilitas apa saja, misalnya saja biaya supir, bahan bakar, biaya parkir atau biaya tol. Dengan begitu, Anda bisa menyusun anggaran sewa bus secara keseluruhan.

4. Pilih bus dengan fasilitas dan fitur kemanan yang memadai

Langkah berikutnya adalah memilih bus dengan fasilitas yang lengkap agar perjalanan Anda jadi lebih nyaman. Apalagi jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Beberapa fasilitas yang sebaiknya ada misalnya TV, toilet, AC, reclining seats (kursi yang bisa diatur posisi duduknya) hingga sound system karaoke untuk seru-seruan bareng selama di perjalanan.

Selain itu, perhatikan juga fitur keamanan yang dimiliki bus, misalnya saja sabuk pengaman, alat pemadam kebakaran, pintu darurat, kotak P3K dan window breaker. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk melindungi Anda dan rombongan jika sewaktu-waktu terjadi situasi darurat.

Periksa secara keseluruhan kondisi bus sebelum menyewa. Selain itu periksa juga surat izin dan kelayakan bus tersebut, apakah masih layak jalan atau tidak. Cek bagian bus yang cukup vital apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, mulai dari kondisi rem, perseneling, kondisi ban dan lain sebagainya.

5. Sewa bus dengan supir berpengalaman

Tips sewa bus pariwisata selanjutnya adalah menyewa bus dengan supir yang telah berpengalaman dan daya jelajahnya cukup luas. Supir yang sudah pengalaman dan jam terbangnya tinggi, akan membuat perjalanan jadi lebih efisien dan nyaman.

Biasanya mereka lebih mengetahui jalur alternatif untuk menghemat waktu perjalanan. Selain itu juga sudah mengetahui medan jalan yang akan dilewati, terutama untuk trek jalanan yang menanjak dan berliku. Hal ini sangat penting diperhatikan agar supir mampu mengendarai bus dengan nyaman tanpa rasa khawatir berlebihan.

Pastikan juga kondisi supir dalam keadaan fit, sehat dan tidak mengantuk. Apalagi dalam kondisi mabuk, sudah tidak benar kalau keadaannya seperti ini! Hal ini untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan selama melakukan perjalanan, misalnya saja supir mengantuk dan berpotensi tinggi mencelakakan penumpangnya.

6. Ketahui persyaratan dan ketentuan sewa bus

Setiap perusahaan sewa bus pariwisata memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketahui dan baca secara teliti, agar tidak ada masalah di kemudian hari. Persyaratan umum yang biasanya diperhatikan, di antaranya durasi sewa bus, asuransi, fasilitas yang didapatkan hingga layanan lainnya. 

Dengan mengetahui persyaratan dan ketentuan sewa menyewa bus, Anda bisa menyewa bus dengan tenang, tanpa ada kesalahpahaman di kemudian hari. Pastikan juga jika bus tersebut telah dilengkapi dengan dokumen yang lengkap dan izin operasional yang sah. 

Dokumen tersebut menjamin bahwa bus memang layak jalan dan telah disetujui oleh instansi terkait. Pastikan juga terdapat buku KIR kendaraan yang masih berlaku. Buku KIR yang valid menunjukkan bahwa bus tersebut telah lulus uji kelayakan jalan.

7. Pesan bus jauh-jauh hari

Menjelang musim liburan atau peak season, biasanya permintaan sewa bus pariwisata akan meningkat. Jadi sebaiknya Anda memastikan ketersediaan armada bus sebelum melakukan perjalanan. Pesan bus minimal satu minggu sebelum jadwal keberangkatan.

Keuntungan memesan bus pariwisata jauh-jauh hari adalah ketersediaan armada bus yang masih banyak, sehingga Anda bisa bebas memilih dan menentukan bus sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa dengan leluasa membandingkan perusahaan sewa bus yang satu dengan yang lainnya.

8. Jangan lupa membaca ulasan bus yang ingin disewa

Testimoni dari pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan perjalanan Anda. Dengan membaca ulasan atau review dari pelanggan melalui situs web perusahaan bus, Anda jadi tahu apakah perusahaan rental bus tersebut kredibel atau tidak. Adanya testimoni dari para pelanggan, tentunya akan menumbuhkan rasa kepercayaan serta daya tarik agar kita mau menggunakan atau membeli produk tersebut.

Berkat ulasan tersebut, Anda juga bisa menilai apakah perusahaan penyedia jasa sewa bus tersebut mengapresiasi testimoni dari pelanggan atau tidak, mulai dari kepuasan pelanggan hingga testimoni berupa kritik dan saran yang membangun. Dengan demikian, Anda bisa menentukan perusahaan rental bus mana yang paling kompeten.

Konklusi

Keamanan dan kenyamanan adalah hal yang paling esensi di dalam sebuah perjalanan bersama bus pariwisata. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk lebih teliti lagi sebelum menyewa bus pariwisata, karena taruhannya adalah nyawa para penumpang di dalamnya.

Bagi Anda pengusaha bus pariwisata maupun bus umum, harap perhatikan dengan baik kelayakan armada bus dan telah dilengkapi dengan dokumen yang sah. Jangan hanya mengedepankan sisi keuntungan bisnis semata, tanpa memperhatikan kelayakan armada busnya.

Semoga saja tidak terjadi lagi kecelakaan-kecelakaan bus pariwisata yang diakibatkan kondisi bus yang tidak layak jalan, misalnya karena rem blong atau masalah teknis lainnya. Demikian artikel yang membahas mengenai tips sewa bus pariwisata yang bisa Susahsinyal.com bagikan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Sewa Bus Pariwisata Agar Perjalanan Aman dan Nyaman"